Search This Blog

Saturday, 25 February 2017

Permainan APE (PAUD)


Permainan APE (PAUD)

MASALAH POKOK ANAK
Saya sebagai pengajar Guru PG, saya melihat banyak yang mengalami kesulitan dalam mengenal warna. Mereka sulit membeda 12 warna pokok. Dalam kegiatan belajar dan kehidupan sehari-hari, setiap anak hanya mampu menginggat 2 atau 3 warna dan terkadang mereka juga lupa dengan warna yang mereka ketahui. Sehingga saya merasa sebagai seorang Guru Tk, harus bisa  mengatasi masalah utama mereka diusianya 3-4 tahun. Bagaimanapun saya harus mampu membuat mereka keluar dari masalah mereka dalam mengenal warna. Sayaberpikir semua cara untuk memecahkan masalah ini dengan semua cara yang saya coba.
Cara pertam saya akan lakukan adalah membuat lagu tentang warna dan mengajak anak untuk menyanyikan lagu tersebut setiap hari di dalam kelas. Namun hasilnya juga tidak sempurna dan anak tidak mengenal konsep. Di langkah pertama ini anak didik saya hanya bisa menginggat nama dari 12 warna yang dinyanyikan, namun dalam prakteknya mereka tetap saja belum bisa membedakan warna-warna tersebut. Sehingga saya merasa sangat binggung dan cara yang saya coba tidak sesuai dengan harapan. Sehingga saya mencoba untuk berpikir lagi satu hal yang disukai oleh anak, saat saya melihat anak didik saya bermain di jam istirahat mereka terlihat sangat bahagia dan senang, mereka memainkan beberapa permainan dan berlomba-lomba untuk memenangkan permainan yang mereka lakukan, saya memandang mereka sangat bahagia karena kelincahan saat bermain, dan tiba-tiba saya berpikir untuk memecahkan masalah warna bagi anak didik saya melalui sebuah permainan.
Dan saya langsung berpikir sebuah permainan akan mendorong mereka keluar dari masalah ini, saya berpikir mereka akan bersemangat saat bermain dan disamping dari kata bermain tanpa disadari mereka juga telah belajar apalagi anak akan mudah belajar saat diselingi dengan permainan kebahagiaan mereka saat bermain akan membuat otak mereka lebih mudah menangkap dan menginggat permainan dan pembelajaran yang mereka lakukan dan sekarang masalahnya bagi saya adalah saya harus bisa menemukan permainan yang sesuai untuk anak PG, namun permainan yang berhubungan dengan mengenal warna. Disaat saya sedang berjalan pulang dari kampus saya melihat acara ulangtahun disebuah rumah dan saya melihat anak-anak duduk disusunan puzzle berwarna yang membentuk menjadi karpet. Susunan puzzle berwarna itu membuat saya berpikir memiliki sebuah ide yang sangat luar biasa. Saya langsung berpikir membuat puzzle tersebut untuk menjadi alat yang membantu anak didik saya mengenal warna karna puzzle tersebut berwarna.
Saya langsung berpikir untuk mencari permainan yang sederhana namun menantang bagi anak PG untuk mengenal warna dari kumpulan puzzle dan mulai berpikir mencari permainan itu, kemudian saya langsung mendapat ide yaitu permianan jalan buaya untuk anak didik saya dimana permainan ini, mereka akan langsung melihat banyak warna dari susunan puzzle dan mereka akan mencari warna-warna yang diperintahkan untuk membuat jalan dalam permainan ini. Saya merasa sangat senang karena akhirnya saya berhasil menuntaskan masalah yang sangat sulit bagi anak didik saya dan dari permainan ini saya akan membentuk dari beberapa regu/kelompok yang akan diperlombakan. Karna saya yakin mereka akan berlomba-lomba untuk pemenang dan akan bekerja sama dengan teman satu regu mereka, dan dari permainan mereka akan mudah mengenal warna, karna mereka langsung melihat macam-macam dari warna.

CARA BERMAIN JALAN BUAYA
  1. Bentuk anak kedalam 4 kelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 5 siswa.
  2. Susun 8 puzzle dengan warna yang berbeda-beda membentuk persegi untuk masing-masing kelompok.
  3. Perintahkan tiap kelompok anak berdiri di atas puzzle berwarna yang telah disusun membentuk persegi. (tiap kelompok anak berkumpul secara bersamaan dalam masing-masing puzzle persegi)
  4. Guru memberikan aba-aba dan petunjuk cara bermain kepada siswa dengan cara berikut:
  5. a) Oke, anak-anak kita akan mulai bermain. Kalian harus bersama dengan kawan kelompok kalian yang telah Ibu sebutkan tadi.
  6. b) Dengarkan kelompok yang ibu panggil, kelompok mawar kalian semua kemari. Kalian berdiri didalam kotak puzzle yang telah disini (menunjuk pada kotak pertama). Kelompok bulan, kalian juga kemari dan berdiri dalam kotak ini (kotak kedua, disebelah kotak kelompok mawar). Kelompok bintang kalian berdiri dikotak puzzle ini (kotak puzzle ketiga). Dan yang terakhir kelompok planet kalian berdiri dikotak terakhir (kotak puzzle keempat)
  7. c) Sudah semuanya, kalian berdiri harus bersama. Tidak boleh ada yang keluar dari kotak persegi. Kalo kalian keluar, nanti kalian kalah.
  8. d) Kalian semua harus ambil puzzle yang warnanya sama dengan kertas yang Ibu tunjukkan. Baru itu kalian ambil puzzle warnanya. Dan diletakkan kedepan. Setelah itu satu dari kawan kalian harus maju kepuzzle depan.
  9. e) Semuanya sudah siap??, pertama ambil warna merah (sambil memberi kertas warna merah), Dan letakkan kedepan. kalau sudah ketemu, disusun kedepan baru satu kawan kalian harus maju.
  10. f) Ambil warna hijau (sambil memberi kertas warna hijau). Kalau sudah ketemu bagi puzzlenya keteman kalian yang didepan biar disusun didepan. Setelah itu kalian harus maju lagi ke puzzle kedua. (dan seterusnya sampai ke jarak yang telah ditentukan).
  11. Anak yang telah mencapai jarak akhir, akan menjadi pemenang dalam lomba. Dan guru akan memberikan hadiah kepada semua anak ang telah berusaha dalam bermain.
TUJUAN/MANFAAT DARI APE :
Permainan yang telah saya buat bukan hanya sekedar bermain, namun anak-anak yang melakukan permainan ini tanpa mereka sadari mereka juga telah belajar dari permainan ini tentang warna. Anak yang sering mengalami kesulitan dalam membedakan warna akan menjadi bisa mengenal warna jika memainkan permainan ini, karna mereka diajak untuk memilih satu warna yang telah ditunjuk oleh Guru dari semua kotak warna yang ada. Jadi mereka bisa melihat langsung warna-warna yang ada serta mencari satu warna yang telah diperintahkan. Permainan ini juga bermanfaat untuk kognitif anak terhadap otak anak. Mereka akan mudah menginggat warna-warna yang ada serta menjadi mudah membedakan jenis-jenis warna. Karna disaat kita hanya menyuruh anak menghapal nama-nama warna, mereka hanya bisa menginggat nama-nama warna, namun untuk membedakan setiap warna mereka akan mengalami kesulitan. Sehingga melalui permainan yang sederhana, namun menantang bagi anak usia dini, mereka akan menjadi lebih mudah mengenali setiap warna. Karna permainan yang bermanfaat ini, langsung memberikan pelajaran bagi setiap anak untuk mengenal warna. Dimana setiap anak akan ditantang untuk mencari dan menyesuaikan warna mana yang mereka butuhkan. Jadi saya rasa, permainan ini sangat bermanfaat untuk anak didik saya dalam mengenal warna-warna pokok.
ALAT DAN BAHAN YANG DIGUNAKAN:
  1. Puzzle berwarna
  2. Kertas berwarna yaitu origami
ALASAN SAYA MEMILIH PERMAINAN APE INI:
Permainan jalan buaya ini merupakan salah satu permainan yang saya pilih bagi anak didik saya untuk belajar mengenal warna. Karena alasan utama bagi saya memilih cara ini yaitu puzzle berwarna yang bisa membantu mereka untuk mengenal warna. Selain itu, saya berpikir bahwa anak yang masih berusia PG tidak seharusnya belajar keras setiap hari, tanpa ada hiburan bagi mereka, karna hal ini tidak membuat mereka pintar tetapi akan membuat otak mereka lelah dan bosan. Sebab diusia mereka yang masih kecil, mereka sangat memerlukan sarana bermain dalam pembelajaran mereka. Waktu belajar mereka harus diselingi dengan beberapa permainan yang bisa membuat otak mereka berkembang. Oleh karena itu, saya memilih cara ini yang paling tepat. Sambil bermain mereka juga bisa belajar melalui permainan jalan buaya ini, saya sangat yakin mereka bisa mengenal warna dengan baik. Jiwa bermain dan belajar dalam diri anak akan semakin berkembang. Selain itu, alasan saya memilih permainan ini karna permainan ini tidak isa dilakukan secara individu namun harus ada kerja sama dari tiap kelompok. Sehingga anak bisa belajar memahami pentingnya kerja sama dengan teman-temannya. Dan dari situ akan terbentuk pribadi anak yang tidak egois untuk masa depannya nanti, karena mereka akan sadar tidak semua bisa dilakukan sendiri namun terkadang kita memerlukan orang lain. Maka inilah alasan memilih permainan edukatif ini bagi anak didik saya.

KESIMPULAN
Kesimpuan dari semua masalah ini, bahwa setiap anak pasti memiliki kesulitan belajar yang mereka hadapin. Dan kita sebagai pembimbing atau Guru mereka, harus bisa mendorong mereka keluar dari setiap masalah anak. Dan tidak selamanya cara benar unutk masalah ini dengan memaksa anak belajar dan hanya belajar secara terus menerus. Namun kita bisa mencari cara lain yang bisa lebih mudah ditangkap oleh anak. Apalagi untuk usia anak PG, bermain merupakan salah satu yang paling efektif bagi anak. Sehingga kita harus bisa memilih permainan mana yang paling tepat untuk masalah mereka. Karena suasana hati anak saat bermain pastilah gembira dan tanpa disadari mereka mudah menangkap pembelajaran yang tersirat dalam permainan itu. Untuk itu, kita harus sadar bahwa memaksa anak belajar secara terus menerus akan berdampak buruk bagi mereka. Baik dalam sgi otak maupun fisik anak, namun setiap anak perlu waktu bermain dan berikanlah permainan yang berguna bagi anak sehingga mereka bisa bermain sambil belajar.

No comments: